Visi dan Misi Organisasi

PROFIL ORGANISASI
PALANG MERAH REMAJA INDONESIA
MARKAS UNIT SMK NEGERI 2 PACITAN
PERIODE 2012/2013


A.1  PENDAHULUAN

Palang Merah Remaja Unit SMK Negeri 2 Pacitan merupakan salah satu unit gerakan Palang Merah Remaja di Indonesia, yang merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan.
Semangat kesukarelawanan pemuda yang diwadahi dalam Youth Red Cross atau Palang Merah Remaja merupakan dasar terbentuknya PMR di SMK Negeri 2 Pacitan. Organisasi PMR yang merupakan gerakan kemanusiaan dan sosial yang  dibentuk guna menyalurkan the power of humanity dan guna membantu sesama manusia yang membutuhkan.
Perjuangan dalam membangun organisasi PMR menjadi wadah kepemudaan yang kompetitif dan mampu mencetak generasi PMI atau generasi bangsa yang berdedikasi, berakhlak, berbudaya, serta berperikemanusiaan merupakan sebuah proses panjang yang harus didukung dengan berbagai aspek yang berkesinambungan.
Selain mengemban tugas-tugas dibidang kemanusiaan dan sosial di lingkungan sekolah khususnya sebagai ruang terkecil lingkup kerja dan tugas, PMR SMK Negeri 2 Pacitan juga melaksanakan berbagai misi kemanusiaan lainnya di wilayah luar sekolah dengan lingkup dan kerjasama yang lebih luas lagi.
Berbagai resiko, kesulitan, dan tanggung jawab yang diemban PMR SMK Negeri 2 Pacitan senantiasa menjadi tonggak pemicu semakin meningkatnya kualitas dan pengalaman organisasi, besarnya kesulitan dan tantangan dalam berorganisasi akan menjadi indikasi seberapa besarnya jiwa kesukarelawanan dan solidaritas anggota.
Berbagai kegiatan dan perolehan prestasi yang diselenggarakan maupun yang diikuti PMR SMK Negeri 2 Pacitan merupakan sebuah bukti nyata bahwa PMR SMK Negeri 2 Pacitan memiliki kualitas yang memadai dalam setiap even perlombaan maupun dalam menyelenggarakan kegiatan.
“Pemuda Sebagai Agen Perubahan”, merupakan salah satu misi Youth Red Cross dalam melaksanakan peran yang diemban, yang tidak hanya bertanggungjawab pada misi kemanusiaan saja tetapi juga tugas-tugas lain dalam membentuk generasi muda yang lebih baik. Melalui semangat dan misi tersebut maka PMR SMK Negeri 2 Pacitan memiliki tekad sebagai agen of change dan social control kearah pembentukan karakter pemuda dalam lingkungan sosialnya.
Sejarah panjang yang telah diukir PMR SMK Negeri 2 Pacitan merupakan sebuah cerita dan pembelajaran semangat yang tidak terpadamkan. Dengan identitas sebagai “ADUM NAWALER” (RELAWAN MUDA) yang merupakan pengenal gerakan PMR SMK Negeri 2 Pacitan, maka gerakan ini berupaya lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas organisasi ke depan dalam membangun pemuda bangsa.


A.2  VISI DAN MISI KEPENGURUSAN PERIODE 2012/2013


            VISI    :
                     PMR sebagai generasi muda kader PMI mampu dan siap menjalankan kegiatan sosial kemanusiaan sesuai  dengan  Prinsip-Prinsip  Dasar  Palang  Merah  dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional
            MISI   :
-    Membangun relawan muda yang berakhlak, berkepribadian,  beradab, dan berkualitas.
-     Menjadikan relawan muda yang humaniter dan berjiwa sosial
- Menciptakan kegiatan keorganisasian/ekstra yang representatif, educatif dan dan multisystem.
-     Menciptakan sistem keorganisasian dan managemen sesuai dengan aturan managemen PMR dan struktural.
-     Keorganisasian yang akuntabel, demokratis, dan transparan serta pembentukan kebijakan yang berkeadilan.
-     Pengerahan kerjasama lintas sektoral dan multilevel secara terbuka dengan semua pihak.
-     Membentuk gerakan kepemudaan yang memiliki ruang gerak dan aksi dalam membangun karakter bangsa dan jiwa sosial.



Previous
Next Post »